Senin, 20 Januari 2014

(6) Belajar Marketing

Alhamdulillah, itulah kata yang pertama saya ucapkan saat diterima kerja setelah satu bulan nganggur. Posisi Marketing disalah satu CV di pusat kota Nagoya, Batam menjadi tantangan tersendiri. Waktu itu dua posisi yang dibutuhkan yaitu Marketing dan Teknisi komputer. Apalagi aku belum punya pengalaman sama sekali. 

Di bagian Marketing dan Teknisi ada tim sendiri jadi kita sebenarnya hanya mengikuti arahan senior kita saja, kedua bagian utama tersebut sebenarnya saling berhubungan. Aku setidaknya mendapat beberapa pelajaran dari kegiatan marketing, sebagai suatu tim harus bisa mengikuti irama dengan baik, berhadapan dengan konsumen, melakukan penawaran, follow up sampai closing. Pengalaman yang sangat menyenangkan. Kalau dari penghasilan masih dibilang minim sebenarnya, potensinya ada di penjualan barang yang kita jual.

Aku saja baru menyadari pentingnya marketing setelah lama tidak aktif lagi di CV tersebut, dan paling terasa saat memulai usaha sendiri. Bahwa memang kita harus punya kemampuan Marketing yaitu menjual, baik menjual barang, menjual ide, gagasan. 

Seperti untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan saja kita harus dapat "menjual diri" artinya kita wajib menjual kemampuan kita, bidang apa yang bisa kita jual dan tawarkan kepada  perusahaan. Sebaiknya barang dan produkyang ada tapi kalau kemapuan menjualnya kurang bisa jadi tidak laku di pasaran. 

Intinya setiap yang saya dapat adalah pelajaran yang sangat berharga, tapi saya tidak lama bergabung di tim Marketing tersebut. Karena saya terima tawaran lagi di sebuah perusahaan yang lain, sempat bingung tapi keputusan harus cepat diambil akhirnya aku memilih di perusahaan tersebut dan mengundurkan diri dari kegiatan marketing untuk sementara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar